Home > Komponen > AMD Ryzen 5 Prosesor Handal Penantang Intel Core i5

AMD Ryzen 5 Prosesor Handal Penantang Intel Core i5

Ryzen 5 Series
Ryzen 5 Series

Koneksia.com – AMD Ryzen 5 Prosesor Handal Penantang Intel Core i5. AMD kembali meluncurkan prosesor desktop terbaru AMD Ryzen. Dengan peluncuran prosesor AMD terbaru akan meramaikan persaingan pasar, yang belakangan selalu dikuasai oleh Intel. Sebelumnya AMD telah meluncurkan AMD Ryzen 7 series yang membidik pasar kelas atas. AMD Ryzen 7 series sukses memberikan performa sekelas dengan prosesor Intel Core i7-6900K yang berharga 2 kali lebih mahal.

Kini AMD bergerak ke pasar kelas mainstream dengan meluncurkan AMD Ryzen 5 series. Prosesor ini didesain khusus untuk pasar kelas menengah dan berkompetisi dengan Intel Core i5. Ada empat varian AMD Ryzen 5 yang terdiri dari hexa-core dan quad-core.

Seperti yang kita ketahui, Ryzen adalah prosesor terbaru AMD yang dikembangkan dengan nama sandi Zen yang menawarkan peningkatan kinerja yang dramatis dan diiringi efisiensi konsumsi daya. AMD mengklaim Ryzen menawarkan peningkatan performa hingga 40% jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Varian tertinggi dari prosesor AMD Ryzen 5 adalah Ryzen 1600X yang mengusung 6 core prosesor dengan 12 thread. Prosesor ini memiliki kecepatan default 3,6GHz dengan boost clock mencapai 4GHz, serta menawarkan TDP 95W. AMD Ryzen 1600X ini dibandrol $249 atau sekitar Rp 3,3 juta.

Sedangkan AMD Ryzen 1600 yang mengusung 6 core prosesor dengan 12 thread. Prosesor ini memiliki kecepatan default 3,2GHz dengan boost clock mencapai 3,6GHz, serta menawarkan TDP 65W. AMD Ryzen 1600 ini dibandrol $219 atau sekitar Rp 2,9 juta.

Sedangkan AMD Ryzen 1500X yang mengusung quad-core prosesor dengan 8 thread. Prosesor ini memiliki kecepatan default 3,5GHz dengan boost clock mencapai 3,7GHz, serta menawarkan TDP 65W. AMD Ryzen 1500X ini dibandrol $189 atau sekitar Rp 2,5 juta.

Varian terakhir adalah AMD Ryzen 1400 yang mengusung quad-core prosesor dengan 8 thread. Prosesor ini memiliki kecepatan default 3,2GHz dengan boost clock mencapai 3,4GHz, serta menawarkan TDP 65W. AMD Ryzen 1400 ini dibandrol $169 atau sekitar Rp 2,2 juta.

Salah satu hal yang juga membuat Ryzen cukup menarik bagi enthusiast adalah bahwa AMD menjanjikan bahwa semua prosesor Ryzen bisa di-overclock dan bahkan tidak butuh motherboard mahal kelas atas untuk melakukannya. Motherboard seri menengah seperti B350 pun diijinkan untuk mengakses unlocked multiplier yang terdapat pada Ryzen.

Platform untuk Ryzen sendiri cukup unik karena AMD mengatakan bahwa semua AMD Ryzen dari seri paling bawah hingga paling atas akan menggunakan motherboard dengan satu socket, yakni AM4.

Dengan harga yang relative murah, AMD Ryzen akan menggerus konsumen dari Intel. Semoga saja AMD Ryzen 5 series bisa menjadi penantang Intel Core I5.

Paling Sering Dibaca

About Koneksia.com

Koneksia.com merupakan situs berita teknologi Terbaru, berita terkini dari komputer, Hardware, tutorial, tips dan trik, gadget, aplikasi game dan internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *