Cara Bersihkan Sensor Kamera dan Lensa Kamera DSLR Dengan Benar

Posted on

Koneksia.com – Cara Bersihkan Sensor Kamera dan Lensa Kamera DSLR Dengan Benar. Anda memiliki kamera DSLR, bagaimana cara terbaik membersihkan sensor dan lensa kamera DSLR agar kamera Anda awet dan bisa digunakan dengan nyaman? Tentu saja perawatan kamera harus diperhatikan, jangan hanya menggunakan saja.

Kamera DSLR adalah kamera yang memiliki satu lensa, kamera ini mermanfaatkan cermin yang digunakan untuk mengarahkan cahaya yang berasal dari lensa menuju ke viewfinder. Jika Anda memiliki kamera, baik kamera DSLR ataupun kamera lainnya, Anda juga harus tau apa saja bagian-bagian kamera tersebut. Tujuannya adalah untuk memudahkan Anda saat merawat dan membersihkan sensor kamera DSLR dan komponen-komponennya.

Beberapa komponen dari kamera DSLR diantaranya adalah lensa, reflex mirror, sensor, lensa condenser, layar fokus, viewfinder, shutter dan pentaprisma. Pada umumnya, bagian kamera DSLR yang rawan kerusakan adalah sensor kamera. Debu adalah salah satu penyebab lensa bermasalah bahkan lensa bisa mengalami kerusakan karena debu.

Kadang kita mendapati hasil foto dengan spot gelap. Jika beberapa hasil foto terdapat spot gelap pada tempat yang sama maka sensor kamera DSLR Anda terdapat debu yang melekat disana. Debu bisa masuk pada sensor kamera merupakan hal yang wajar jika kamera yang Anda miliki tersebut sudah berumur lama. Debu masuk pada sensor kamera bisa karena putaran lensa dan serpihan debu yang menempel pada lensa jatuh pada sensor.

Jika kamera kita memiliki lebih dari satu lensa, saat kita mengganti lensa, bisa saja debu masuk saat mengganti lensa tersebut. Debu memang tidak selamanya hanya mengotori sensor kamera, namun ada beberapa bagian dari kamera DSLR lainnya yang juga bisa kotor karena debu. Namun, bagian kamera DSLR yang mudah bermasalah dengan debu adalah sensornya.

Jika sensor terkena debu maka debu tersebut akan muncul dan terlihat pada foto atau gambar yang dihasilkan. Foto yang dihasilkan jika sensor kamera terkena debu adalah adanya partikel debu yang terlihat di tempat yang sama. Jika kita ingin mengetahui apakah sensor kamera terdapat debu atau tidak, kita bisa mengamati foto yang dihasilkan kamera tersebut.

Bagaimana debu masuk sampai ke sensor kamera?

Debu pada sensor kamera adalah hal yang biasa terjadi kalau anda sudah lama memiliki kamera. Bagaimana debu bisa sampai menempel pada sensor kamera? Ada beberapa penyebab debu bisa masuk ke sensor kamera:

  • Mekanisme lensa yang berputar saat zooming dan focusing. Saat berputar debu yang menempel di lensa bisa tersedot jatuh ke sensor kamera.
  • Karena putaran pada poin diatas berarti dua elemen bergesekan, bisa jadi muncul serpihan dan serpihan tersebut jatuh ke sensor.
  • Kalau kita memiliki lebih dari satu lensa, debu kemungkinan masuk saat proses mengganti lensa. Untuk menghindarinya, baca cara mengganti lensa dengan aman.

Bagaimana cara mendeteksi debu di Sensor kamera?

  • Set kamera di posisi Aperture Priority
  • Set metering mode di posisi Matrix/Evaluative Metering
  • Set ISO di posisi terkecil 100 atau 200
  • Matikan Auto ISO
  • Matikan Autofokus dan posisikan lensa di Manual Focus
  • Set Aperture di posisi terkecil, misal f/16 atau f/22
  • Keluarlah dari rumah dan coba foto langit, khususnya jika langit sedang berwarna biru cerah. Kalau tidak memungkinkan, cari kertas putih lalu zoom out sampai kertas memenuhi seluruh frame lalu ambil foto.
  • Sekarang amati hasil foto di LCD kamera atau monitor komputer jika anda sudah memindahkannya ke komputer, zoom sebesar-besarya lalu scroll pelan-pelan, naik-kan kontras jika perlu
  • Jika anda tidak bisa melihat kotoran seperti pada contoh foto diatas berarti aman.

Bagaimana cara bersihkan sensor kamera DSRL dengan benar?

Jika memang sensor kamera DSLR Anda terdapat debu, maka Anda bisa membersihkannya sendiri. Berikut beberapa Cara bersihkan sensor kamera dan lensa kamera DSLR dari debu yang menempel dengan baik dan benar.

  • Pilih Setup Menu kemudian gunakan fitur clean image sensor (sensor cleaning) yang terdapat pada kamera.
  • Deteksi apakah terdapat debu pada sensor, jika Anda mendapati debu pada sensor maka segera bersihkan debu dengan cara dibawah ini.
  • Set kamera pada mode cleaning, setelah itu pilihlah Lock mirror up for cleaning sehingga sensor terbuka karena mirror kamera terangkat. Gunakan blower untuk meniup debu yang terdapat pada sensor dan semprotlah pelan-pelan.
  • Warning: Jangan pernah semprot bagian kamera dengan mulut, dan jangan coba-coba menyentuh sensor kamera dengan jari/alat lain. Cukup  dengan blower saja)

Bagimana cara mencegah debu masuk ke sensor kamera?

Setelah debu bisa dibersihkan dengan cara bersihkan sensor kamera dan lensa kamera DSLR dengan benar diatas, Anda bisa mencegah debu masuk pada sensor kamera dengan cara dibawah ini:

  • Sebelum mengganti lensa, matikan kamera
  • Hindari lubang mounting kamera terbuka lama, apalagi saat menganti lensa
  • Hindari tempat berdebu saat menganti lensa
  • Usahakan body cap maupun lens cap tetap bersih dari debu

Tips cara merawat Lensa Kamera DSLR agar lebih awet

Cara membersihakan Lensa Kamera DSLR Dengan Benar
Lensa Kamera DSLR

Nah dan yang terkahir adalah Tips cara merawat Lensa Kamera DSLR agar lebih awet. Kamera digital DSRL seperti halnya barang elektronik konsumen lainnya, membutuhkan perawatan ekstra. Mereka memiliki komponen sensitif yang mudah rusak kalau kita ceroboh memegangnya. Berikut beberapa cara mudah agar lensa kamera DSRL anda lebih awet:

  • Selalu jaga kebersihan lensa. Saat membersihkan lensa, jangan langsung semprotkan cairan pembersih ke lensa, semprotkan dulu ke lap microfiber sedikit saja lalu baru usapkan lap microfiber tersebut ke lensa. Anda bisa membeli lap microfiber di swalayan besar.
  • Kandungan garam dilaut bersifat korosif bagi komponen logam yang ada di dalam kamera maupun lensa kamera, sehingga berpotensi menghasilkan karat. Setelah memotret di dekat laut, bersihkan kamera dengan lap yang sedikit dibasahi untuk menghilangkan sisa garam yang menempel di kamera, sedikit saja jangan terlalu banyak. Setelah itu lap lagi dengan lap hingga benar-benar kering.
  • Kamera dan lensa kamera memiliki bagian bergerak seperti tombol, dial, engsel pintu batere dan memory card, focusing ring dan putaran zoom lensa. Kalau ada yang macet jangan diputar atau dibuka dengan paksa. Kalau memang tidak paham, bawa ke teman yang paham atau bawa ke service center. Kalau dipaksa bisa jadi ada bagian yang patah.
  • Baca tips mengganti lensa DSLR saat anda memotret diluar ruangan untuk meminimalkan resiko kemasukan debu.

Dengan Cara bersihkan sensor kamera dan lensa kamera DSLR dengan benar di atas, Anda bisa menjaga sensor kamera tetap bersih dari debu. Sedikit saja debu masuk pada sensor kamera maka foto yang dihasilkan menjadi kurang sempurna.

Menggunakan kamera DSLR bisa menghasilkan foto yang terbaik, namun Anda tetap harus menjaga dan merawat komponen kamera DSLR tetap bersih terutama dari debu dan kotoran lainnya yang mudah menempel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *