Home > Tutorial Komputer > Cara Disable Otomatis Windows Update di Windows 10
Cara Disable Otomatis Windows Update di Windows 10
Cara Disable Otomatis Windows Update di Windows 10

Cara Disable Otomatis Windows Update di Windows 10

Cara Disable Otomatis Windows Update di Windows 10 Terbaru 2016 Dengan Mudah – Windows 10 merupakan produk sistem operasi terbaru dari microsoft windows dimana pada windows 10 ada beberapa tambahan fitur terbaru terutama pada fitur microsoft telah terdapat beberapa perubahan pengaturan dan komponen yaitu pengaturan pada microsoft yang sebelumnya ada di control panel kemudian di pindahkan ke aplikasi setting yang lebih sederhana.

Bahkan ada beberapa fitur pengaturan yang dihapus, seperti misalnya windows update. Meskipun sebenarnya control panel masih ada pada windows 10. Namun pada aplikasi setting ternyata sangat banyak pengaturan yang berubah, banyak yang dihilangkan dan dipindahkan.

Pada windows versi sebelumnya yaitu windows 7 dan winodws 8, pengguna bisa melakukan pengaturan pembaruan mana saja aplikasi yang akan didownload dan di install. Namun pada versi windows 10 terbaru ini pengguna dibatasi bahkan tidak dapat melakukan pengaturan apapun. Dimana pengguna hanya bisa melakukan pengaturan cara update dan install dan tidak dapat mendisable auto update secara langsung.

Nah hal inilah yang mungkin tidak banyak diketahui oleh para pengguna windows 10 mengenai Cara Disable Otomatis Windows Update di Windows 10 PRO maupun Windows 10 Home. Pasalnya masih ada trik tersembunyi untuk Cara Disable Otomatis Windows Update di Windows 10. Simak ulasannya dibawah ini

Ada 3 Cara Disable Otomatis Windows Update di Windows 10

  • Cara 1 = Dengan melakukan pengaturan tipe jaringan ke pengaturan berbasis quota
  • Cara 2 = Dengan menggunakan fitur group policy untuk menghalangi windows mendownload pembaruan
  • Cara 3 = Mendisable sepenuhnya semua update pada windows 10 dengan menggunakan service.msc

Berikut penjelasan mengenai ketiga Cara Disable Otomatis Windows Update di Windows 10

1. Cara 1, Dengan melakukan pengaturan tipe jaringan ke pengaturan berbasis quota (Khusus Laptop)

Secara default sebenarnya windows 10 tidak dapat mendownload pembaruan bila koneksi jaringan berada di posisi metered. Sehingga anda bisa menghentikan windows 10 mendownload update dengan cara melakukan pengaturan tipe jaringan ke pengaturan berbasis quota.

Cara Disable Otomatis Windows Update di Windows 10 dengan melakukan pengaturan tipe jaringan ke pengaturan berbasis quota dengan cara anda bisa temukan pengaturan ini pada menu network connection. Pastikan anda menggunakan jaringan wifi dan dial up untuk mengubah koneksi menjadi metered. Dan cara ini tidak dapat dilakukan jika pengguna menggunakan jaringan dengan LAN (Misal : ADSL).

  • Buka Settings > Network & Internet > Wi-Fi dan Set metered connection menjadi ON

Cara Disable Otomatis Windows Update di Windows 10

  • Bisa juga menggunakan perintah CMD dengan cara mengetikan netsh wlan show profiles pada CMD

Cara Disable Otomatis Windows Update di Windows 10 Dengan CMD

  • Pilih profil wifi yang kamu punya (contoh disini “Airtel-WRTR301GN-8897_1”) dengan mengetikan perintah netsh wlan show profile name=”Airtel-WRTR301GN-8897_1″ dan enter.
  • Ubah pengaturan dari Unrestricted menjadi “cost=Fixed” dengan perintah netsh wlan set profileparameter name=”Airtel-WRTR301GN-8897_1″ cost=Fixed

2. Cara 2, Dengan menggunakan fitur group policy untuk menghalangi windows mendownload pembaruan

Cara Disable Otomatis Windows Update di Windows 10 ini hanya dapat dilakukan oleh pengguna Windows 10 Pro yang memiliki akses ke Group Policy. Bagi Anda yang termasuk mempunyai akses ke Group Policy, maka Anda dapat mematikan update otomatis di winodws 10 dengan cara ini.

  • Untuk membuka Local Group Policy Editor, tekan Logo Windows + R secara bersamaan untuk membuka kotak dialog Run, lalu ketik gpedit.msc dan tekan Enter.

Cara Mematikan Paksa Otomastis Windows Update Windows 10

  • Kemudian setelah menuju ke halaman group policy, pilif Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Update.
  • Pada menu configure automatic updates, klik kanan > edit

Cara Mematikan Otomastis Windows Update Windows 10 Terbaru 2016

  • Selanjutnya pada menu configure automatic updating, pilih opsi Enabled serta klik dan pilih pilihan Notify for download and notify for install.

Cara Menonaktifkan Otomastis Windows Update Windows 10 Terbaru

  • Setelah selesai pilih OK dan klik apply.

Maka jika group policy sudah aktif anda akan melihat notify pada Advanced options to Windows Update berupa  “Some settings are managed by your organization”. Dengan demikian jika ada pembaharuan yang dirilis, Windows 10 tidak akan langsung mendownload otomatis, melainkan akan memberi notifikasi terlebih dahulu.

3. Cara 3, Menonaktifkan sepenuhnya secara paksa update pada windows 10 dengan menggunakan service.msc

Dengan menggunakan Cara Disable Otomatis Windows Update di Windows 10 dengan cara ini, update Windows 10 secara otomatis akan mati secara permanen termasuk juga update untuk patch security dan keamanan.

Jadi sebelum kamu menggunakan Cara Disable Otomatis Windows Update di Windows 10 dengan cara ini, pastikan kamu mempertimbangkannya terlebih dahulu, dikarenakan ini berkaitan dengan keamanan sistem operasi Windows 10 yang kamu gunakan.

  • Klik pada kotak pencarian, kemudian cari dan ketikan Services seperti pada gambar di bawah. Jika sudah ditemukan, silahkan klik.

Cara Mematikan paksa Otomastis Windows Update Windows 10

  • Pada halaman jendela Services, silahkan kamu scroll kebawah kemudian cari Windows Update. Setelah ketemu kemudian klik kanan dan pilih Properties.

Cara Mematikan permanen Otomastis Windows Update Windows 10

  • Selanjutnya ganti Status Type ke Disabled, kemudian pilih Stop Service Status seperti pada gambar. Lalu klik Apply dan pilih OK.

Cara Menonaktifkan permanen Otomastis Windows Update Windows 10

  • Selesai, windows 10 yang kamu gunakan tidak akan melakukan pembaruan secara otomatis.

Dari ketiga cara ini seharusnya windows 10 sudah tidak lagi melakukan download update secara otomatis karena windows update sudah dalam pengaturan disable.

Anda bisa langsung mempraktekkannya dirumah, semoga Cara Disable Otomatis Windows Update di Windows 10 denagn mudah diatas bisa bermanfaat. Selamat mencoba.

Paling Sering Dibaca

About Koneksia

Koneksia.com merupakan situs berita teknologi Terbaru, berita terkini dari komputer, Hardware, tutorial, tips dan trik, gadget, aplikasi game dan internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *