Cara Mangatasi Program Not Responding (Error) Tanpa Task Manager

Koneksia.com – Cara Mangatasi Program Not Responding (Error) Tanpa Task Manager. Saat kita membuka beberapa program di komputer atau Laptop seringkali ditemukan Program Not Responding. Hal ini tentunya membuat kita merasa kesal, karena pekerjaan atau kegiatan Gaming kita menjadi terganggu. Rata-rata apabila ditemukan masalah Program Not Responding banyak yang langsung menuju Task Manager untuk menghentikan program tersebut secara paksa.

Untuk kali ini Koneksia akan memberikan Tips atau Cara Mangatasi Program Not Responding (Error) Tanpa Task Manager. Kita bisa menghentikan paksa program yang sedang berjalan dengan menggunakan shortcut. Dengan adanya shortcut untuk mematikan program not responding akan membuat semuanya menjadi efisien. Berikut Cara Mematikan Program Not Responding Tanpa Task Manager:

Perintah taskkill pada windows merupakan cara mematikan paksa program tanpa menyentuh Task Manager. Untuk mematikan program tertentu kalian bisa mengetikan perintah taskkill pada Command Prompt (CMD). Hal ini tentunya tidak membuat efisien terlebih bagi orang awam akan merasa bingung ketika harus berhubungan dengan Command Prompt (CMD). Dan ini akan dilakukan berulangkali setiap ada Program Not Responding. Untuk membuat lebih efisien maka kita dapat membuat perintah taskkill tadi menjadi sebuah shortcut. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama buka Destkop dan klik kanan pada area bebas, setelah itu pilih New>Shortcut.
    Muncul tampilan seperti dibawah ini

    Cara Mangatasi Program Not Responding dengan Taskkill shortcut
    Cara Mangatasi Program Not Responding dengan Taskkill shortcut
  2. Ketikkan perintah taskkill.exe /f /fi “status eq not responding”
  3. Beri nama untuk shortcut yang telah dibuat misalkan TaskKill dan klik Finish.

Perintah ini sangat mudah dipahami:
taskkill adalah perintah untuk menghentikan proses yang kita inginkan.
/f adalah perintah untuk memaksa menghentikan tugas. Tanpa ini Windows hanya memerintahkan untuk mengakhiri proses, namun jika ada permaasalah tidak bisa dipaksa berhenti.
/fi diguanakan memfilter perintah yang akan dijalankan.
teks dalam kutip merupakan kriteria yang akan dijalankan (merupakan filter-nya).

Untuk menjalankan shortcut yang telah dibuat lebih cepat tanpa klik kita dapat membuat shortcut key dengan cara Klik Kanan pada shortcut TaskKill kemudian pilih Properties maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

Shortcut Key Taskkill
Shortcut Key Taskkill

Ketika ada program yang Unresponsive atau Program yang Not Responding, kita bisa langsung menghentikannya dengan menekan Ctrl + Alt + Q pada Keyboard.

Itulah Cara Mangatasi Program Not Responding (Error) Tanpa Task Manager pada Windows. Semoga bermanfaat bagi kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *