Home > Komputer > Cara Memasang UPS ke Komputer Dengan Baik dan Benar
Cara Memasang UPS ke Komputer Dengan Baik dan Benar
Cara Memasang UPS ke Komputer

Cara Memasang UPS ke Komputer Dengan Baik dan Benar

Koneksia.com – Cara Memasang UPS ke Komputer PC Dengan Baik dan Benar. Pernah nggak kamu mengalami hal yang buruk ketika bekerja di depan komputer? Ketika kamu sedang bekerja tiba-tiba listrik mati dan kamu belum sempat untuk menyimpan data yang kamu kerjakan. Belum lagi, kalau listri sering padam secara tiba-tiba, hal ini bisa menyebabkan bagian komputer cepat rusak.

Ada cukup banyak komponen pada komputer yang harus kita lindungi. Jadi, kita nggak hanya memakai komputer saja tapi kita juga harus merawatnya dengan baik. Ketika listrik mati, hal ini bisa menyebabkan tegangan listrik menjadi mati dan hal ini bisa menyebabkan harddisk mengalami kerusakan. Nggak kebayang kan kalau hardisk komputer rusak?

Hardisk memang bagian penting dalam komputer maupun perangkat lainnya. Jika harddisk rusak maka komputer kamu nggak bisa berjalan dengan baik. Dan bukan hanya harddisk saja yang akan rusak jika terjadi pemadaman listrik tiba-tiba, ada banyak perangkat komputer lainnya yang bisa rusak. Karena itu, kita harus mencari cara agar komputer tetap aman dan awet ketika terjadi listrik mati mendadak.

Untuk mengatasi hal itu maka kita membutuhkan UPS atau kepenjangan dari Uninteruptible Power Supply. Dengan menggunakan perangkat tersebut maka kita bisa meminimalkan berbagai kerusakan pada komputer. Jadi, UPS memang hanya bekerja ketika terjadi pemadaman listrik saja dan perangkat ini menjadi cadangan tegangan listrik.

Dengan adanya UPS tersebut maka kita bisa lebih tenang sekalipun terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba. UPS akan memberikan tegangan listrik pada komputer dalam beberapa menit sehingga dalam waktu itu kita bisa menyimpan data atau mematikan komputer seperti biasa. Dengan memasang UPS maka kita bisa mencegah kerusakan pada harddisk dan bagian komponen komputer lainnya dari konseleting.

Baca Juga :

Karena memang sangat berbahaya jika komputer langsung mati sebelum kita menyimpan data atau mematikannya secara normal. UPS bisa membantu menstabilkan aliran listrik yang mengalir pada komputer. Keuntungan lainnya dari penggunaan UPS adalah kita bisa merawat CPU sehingga tidak mudah rusak.

Tapi, sekalipun UPS sangat besar manfaatnya namun kita tidak boleh memasangnya sembarangan. Jika kita memasang UPS tidak tepat, tentu saja alat ini tidak akan memberikan manfaat yang maksimal. Karena itu, kita harus memasang UPS secara tepat seperti beberapa cara dibawah ini.

1. Tahap pengecekan

Sebelum memasang UPS, kita harus mengecek terlebih dulu beberapa hal diantaranya adalah kapasitas dari UPS, jenis dari UPS tersebut, tegangan input dan juga back up dari UPS tersebut.

2. Baca manual book

Kalau kamu belum pernah pasang UPS, jangan sekali-kali kamu langsung memasangnya tanpa melihat manual book. Akan lebih baik jika kamu memasang UPS dengan melihat dan mempelajari manual book terlebih dulu.

3. Pemasangan kabel power

Setelah pengecekan dan baca manual selesai, kamu bisa mengambil UPS kemudian setelah itu masukkan kabel power yang berasal dari PC ke UPS.

4. Proses pemasangan UPS

Setelah tahap ketiga dan kamu mulai paham, kamu bisa mencolokkan kabel power pada UPS ke saklar dan setelah itu UPS bisa digunakan.

Nah, kalau kamu masih bingung, kamu bisa bertanya pada ahlinya yaitu mereka yang sering atau sudah pernah pasang UPS. Sangat mudah bukan kalau kita pasang UPS sendiri.

Selain mudah pemasangannya, menggunakan UPS memang sangat membantu kita ketika terjadi pemadaman listrik. Kita bisa menyelamatkan data-data yang belum kita simpan karena listrik mati mendadak. Selain itu kita juga menyelamatkan hardisk dan perangkat komponen komputer lainnya dari kerusakan konsleting.

Paling Sering Dibaca

About Koneksia

Koneksia.com merupakan situs berita teknologi Terbaru, berita terkini dari komputer, Hardware, tutorial, tips dan trik, gadget, aplikasi game dan internet.

2 comments

  1. Setelah PC dimatikan, apakah UPS juga harus dimatikan?

  2. Tergantung si pemakai, boleh dimatikan atau tidak dimatikan unit UPS.

    Kalau menurut agan : tidak perlu dimatikan karena UPS dirancang untuk nyala terus-menerus, keuntungan lain adalah bila dihidupkan terus-menerus akan memperpanjang umur pemakaian battery/aki sehingga tidak cepat rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *