Cara Mengatasi Google Play Store Error Pada HP Android

Koneksia.com – Cara Mengatasi Google Play Store Error. Google Play Store merupakan salah satu aplikasi di Android besutan Google yang berisi layanan konten digital yang meliputi toko untuk produk-produk seperti musik/lagu, buku, aplikasi, permainan, ataupun pemutar media berbasis Cloud. Tanpa adanya Google Play Store mungkin pengguna Android akan kebingungan dalam mencari Aplikasi dan Game terbaru yang gratis dan aman.

Google Play Store Error
Google Play Store Error

 

Sistem Operasi Android sering kali mengalami berbagai masalah. Akan tetapi masalah-masalah tersebut bukanlah masalah yang sangat fatal melainkan hanya sedikit error dari aplikasi android yang dijalankan.

Seperti halnya Aplikasi Google Play Store ini yang terkadang sering terjadi error seperti Aplikasi Google Play Store tidak bisa dibuka hingga sering muncul pesan Error seperti “Unfortunately Google Play Store Has Stopped”, “Google Play Store Has Been Stopped”, atau “Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti”. Intinya adalah Google Play Store berhenti secara tiba – tiba atau Force Close tiba – tiba.

Muncul Error ketika membuka Google Play Store, “Unfortunately Google Play Store Has Stopped” mungkin dikarenakan memory chace yang sudah penuh. Untuk mengatasi masalah Google Play Store Error “Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti” Koneksia akan membahasnya lebih jauh lagi. Sehingga Kalian nanti dapat mengetahui Cara Mengatasi Google Play Store Force Close Tiba – Tiba. Berikut ini cara mengatasi Error Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti:

1. Hapus Cache Google Play Store Android

Penumpukan File cache yang terlalu banyak dapat membuat aplikasi serasa berat saat dibuka atau saat loading page. Hal ini terjadi tidak hanya pada Google Play Store saja, bisa saja pada aplikasi lain seperti BBM, Line, WhatsApp, ataupun yang lainnya. Solusinya yakni dengan menghapus File cache tersebut supaya Android serasa lebih ringan dan normal kembali. Caranya Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Unduhan » cari aplikasi Google Play Store, kemudian tap “Hapus Cache”. Atau kalian bisa memanfaatkan Aplikasi seperti CCleaner atau Clean Master.

2. Hapus Data Dan Hentikan Aplikasi Secara Paksa

Dengan cara ini kalian akan menghapus data aplikasi mulai dari cache, history pencarian, data login, katagori favorit, dan seterusnya. Cara ini tidak menghapus aplikasi, hanya menghapus data – data sementara yang ada di Android. Caranya sbb:
Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Unduhan » cari aplikasi Google Play Store, kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.
Dengan melakukan hal tersebut, Google Play Store akan kembali pada kondisi normal yang bersih dan belum pernah dibuka. Untuk menggunakannya kembali, tentunya anda harus login kembali sesuai dengan email dan password yang anda miliki.

3. Update Google Play Store Ke Versi Terbaru

Mengatasi Google Play Store Error bisa dilakukan dengan cara mengupgradenya ke versi terbaru. Dengan hal ini bugs atau kerusakan tertentu bisa hilang dan masalah Error “Unfortunately Google Play Store Has Stopped” dapat teratasi.

4. Hapus dan Install Ulang Google Play Store

Menghapus dan mengganti dengan aplikasi yang baru adalah solusi paling jitu dalam mengatasi aplikasi Google Play Store yang error. Tapi sebelum melakukan hal ini, persiapkan Aplikasi Google Play Store format Apk untuk di install nantinya.

5. Matikan Android, Cabut Baterai Dan SIM Card

Mematikan Android, Mencabut Baterai, Mencopot SIM Card dan SD Card adalah cara terakhir untuk mengatasi Google Play Store Error “Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti”. Diamkan selama beberapa saat agar daya baterai tidak masuk ke Android. Padang dan nyalakan kembali Android anda, kemudian buka Google Play Store semoga nantinya dapat normal kembali.

Itulah ulasan tentang Cara Mengatasi Google Play Store Error “Unfortunately Google Play Store Has Stopped”, semoga dengan mengikuti solusi diatas bisa menyelesaikan masalah HP Kalian. Semoga bermanfaat.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *