Home > Tutorial > Cara Menghemat Baterai Smartphone Android Agar Lebih Awet
Cara Menghemat Baterai Android Agar Lebih Awet
Cara Menghemat Baterai Android Agar Lebih Awet

Cara Menghemat Baterai Smartphone Android Agar Lebih Awet

Koneksia.comCara Menghemat Baterai Smartphone Android Agar Lebih Awet. Smartphone Android berkembang dengan begitu cepatnya. Sistem Operasi ini banyak diminati pengguna Smartphone karena sistem penggunaannya yang begitu mudah. Selain itu Smartphone Android mempunyai peforma yang tidak kalah dengan system operasi lainnya seperti Iphone buatan Apple. Bahkan saat ini pengguna Smartphone Andorid sudah mencapai lebih dari 50% di dunia.

Akan tetapi smartphone android terkenal dengan kekuatan baterai yang tidak tahan lama. Bahkan ada beberapa ponsel android yang memiliki waktu standby yang hampir memalukan. Hanya dalam waktu beberapa jam, baterai sudah habis dan harus di charge kembali. Mungkin cara menghemat baterai smartphone android tidaklah mudah hingga muncul masalah seperti diatas.

Disini Koneksia akan memberikan cara menghemat baterai smartphone android secara benar tanpa bantuan aplikasi tambahan. Mungkin cara yang dlakukan untuk menghemat baterai android ini masih banyak yang mempermasalahkannya. Hingga masih banyak orang yang beranggapan bahwa cara yang telah dilakukan tidak ada bedanya. Akan tetapi Koneksia akan memberikan tips untuk menghemat baterai hp agar lebih awet dengan beberapa pilihan. Sehingga kalian bisa mencoba di HP masing-masing.
Berikut ini cara menghemat baterai smartphone android agar lebih awet:

Cara Menghemat Baterai Android Agar Lebih Awet
Cara Menghemat Baterai Android Agar Lebih Awet

1. Menggunakan Wallpaper Hitam/Gelap

Cara menghemat baterai smartphone android dengan memakai wallpaper hitam dampaknya akan sangat baik. Akan tetapi cara ini hanya berpengaruh terhadap HP android yang menggunakan layar AMOLED. Karena layar AMOLED hanya menerangi bagian layar yang berwarna saja. Dan jika memakai wallpaper hitam, maka layar akan terlihat gelap sehingga daya baterai yang dipakai akan lebih sedikit untuk menerangi layar yang gelap tersebut.

2. Mengatur Tingkat Kecerahan Layar

Cara menghemat baterai smartphone android dengan mengatur tingkat kecerahan layar serendah mungkin sangat efekif untuk mengurangi daya baterai yang dipakai untuk menerangi layar. Cara menghemat baterai android ini jauh lebih baik dilakukan secara manual untuk bisa menghasilkan tingkat kecerahan yang super rendah dan masih nyaman untuk dilihat. Jangan menggunakan fitur auto brigtness secara otomatis. Ini adalah salah satu cara utama untuk meningkatkan daya tahan baterai. Karena layar adalah salah satu pengisap baterai terbesar di hp android.

3. Mengatur Waktu Tidur Android

Waktu tidur yang dimaksud adalah waktu ketika layar mati secara otomatis saat android tidak digunakan. Secara logika sudah diterangkan pada poin 2 bahwa layar hp android membutuhkan konsumsi baterai yang cukup banyak. Jika cara ini diterapkan, baterai android akan lebih awet masa penggunaannya.

4. Mematikan fitur pintar Android

Cara menghemat baterai android agar lebih awet bisa dengan mematikan fitur pintar android, misalnya auto rotation maupun air gesture. Karena fitur tersebut ternyata memakan daya baterai yang cukup besar. Jadi jika fitur tersebut tidak sering digunakan, lebih baik di matikan saja untuk menghemat daya baterai smartphone kalian.

5. Mematikan Matikan GPS, Bluetooth, NFC, Wi-Fi dan Data

Cara menghemat baterai android yang selanjutnya adalah dengan mematikan GPS, Bluetooth, NFC, Wi-Fi dan Data android jika tidak digunakan. Hal ini dilakukan karena jika semuanya menyala aplikasi tersebut akan terus-terusan mencari sinyal meskipun sebenarnya fitur tersebut sedang tidak kita pakai. Untuk itu nyalakan fitur seperlunya, sesuaikan dengan kebutuhan saja, agar konsumsi daya baterai yang dipakai tidak terlalu banyak.

6. Cara Menghemat Baterai Smartphone Android Dengan Mengurangi Widget

Cara menghemat baterai smartphone android selanjutnya adalah mengurangi penggunaan widget yang terhubung ke internet seperti Widget Cuaca, Facebook, Twitter, Gmail dll. Hal ini dilakukan karena widget yang terhubung ke internet selalu melakukan pembaharuan dan saat melakukan pembaharuan membutuhkan daya baterai yang tidak sedikit. Cara ini sangat efektif dalam menghemat daya baterai android, disamping itu kinerja hp android akan lebih cepat (tidak lemot).

Cara Menghemat Baterai Smartphone Android
Cara Menghemat Baterai Smartphone Android

7. Menggunakan Modus Hemat Baterai

Cara menghemat baterai android yang selanjutnya adalah dengan menggunakan modus hemat baterai. Smartphone Android terbaru sudah memiliki modus hemat baterai (power saver) standart yang akan bekerja jika baterai android dalam keadaan low batt. Power saver tersebut akan meredupkan layar dan mematikan semua aplikasi yang berjalan ketika baterai dalam keadaan low. Dengan begitu daya baterai akan bertahan lebih lama dari seharusnya.

8. Jangan Biarkan Smartphone Panas

Kondisi smartphone yang panas bisa menyebabkan kondisi baterai yang lebih boros. HP yang terasa panas membuat sistem Android bekerja ekstra. Inilah yang kemudian memakan konsumsi baterai berlebihan. Simpan smartphone atau HP kalian di tempat yang sejuk untuk membuat suhunya tetap stabil.

Itulah beberapa cara untuk menghemat baterai android agar lebih awet. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kalian.

Agen Poker

Paling Sering Dibaca

About Koneksia.com

Koneksia.com merupakan situs berita teknologi Terbaru, berita terkini dari komputer, Hardware, tutorial, tips dan trik, gadget, aplikasi game dan internet.

Baca Juga

Tips Membuat Smartphone Android Support USB OTG Tanpa Root

Tips Membuat Smartphone Android Support USB OTG Tanpa Root

Koneksia.com – Tips Membuat Smartphone Android Support USB OTG Tanpa Root. Apa itu OTG? OTG merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *