Home > Komputer > Mengenal Sejarah dan Macam Jenis Sistem Operasi Apple Macintosh
Mengenal Sejarah dan Macam Jenis Sistem Operasi Apple Macintosh
Sistem Operasi Apple Macintosh

Mengenal Sejarah dan Macam Jenis Sistem Operasi Apple Macintosh

Koneksia.com – Mengenal Sejarah, Pengertian Macam Jenis Sistem Operasi Apple Macintosh/Mac OS. Siapa yang tak kenal dengan merek Apple, salah satu pabrikan teknologi dunia yang sangat hebat dalam merakit produk-produknya. Siapa saja yang menggunakan produk dari Apple pasti merasa bangga.

Dibandingkan dengan merek lainnya produk keluaran Apple memang jauh lebih mahal dan lebih berkualitas, karena itu banyak yang bangga ketika menggunakan merek Apple. Salah satu ciri dari produk Apple adalah sistem operasinya yang berbeda dengan produk lainnya. Apple menggunakan sistem operasi Mac OS atau Macintosh. Sistem operasi inilah yang menjadikan masyarakat lebih yakin dengan kualitas produk yang dibawa oleh Apple.

Mac OS adalah sistem operasi untuk menjalankan notebook Apple bernama Macbook. OS Mac dibuat oleh Apple Computer yang diluncurkan pada tahun 1984 dan ini adalah langkah revolusioner yang dilakukan oleh Apple. Pada awalnya, sistem operasi ini ditujukan untuk mereka yang baru belajar komputer/ Awal diluncurkan OS ini, masyarakat banyak yang mengenalnya sebagai Sistem 7 atau Toobox.

Sistem operasi yang dibuat oleh Apple ini memang berbeda dengan sistem operasi lainya misalnya saja MS-DOS. Macintosh mengalami perkembangan yang dimulai dari Mac OS klasik dan Mac OS X. Mac OS klasik merupakan OS yang dikeluarkan Apple pada tahun 1984. Sistem operasi ini sangat mudah digunakan dan banyak yang menyatakan OS ini menggunakan cooperative multitasking.

Setelah Mac OS klasik diluncurkan, perkembangan berikutnya adalah Apple mengeluarkan Mac OS X yang jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. OS ini menggunakan beberapa unsur yang terbaik diantaranya OpenStep, Mac OS 9 dan juga unsur BSD Unix. Keunggulan yang dimiliki oleh Max OS klasik lainnya dalah dengan menggunakan pre-emptive multitasking dan memori Unix.

Tampilan Home Screen Sistem Operasi Apple Macintosh
Tampilan OS Apple Macintosh

Mac OS memiliki cukup banyak keunggulan dibandingkan OS lainnya. Salah satu pertimbangan konsumen dipasaran terhadap produk teknologi Apple adalah OS yang digunakannya. Macintosh merupakan OS multitasking sehingga pengguna jauh lebih mudah menjalankan beberapa aplikasi yang bekerja secara bersamaan.

Macintosh jauh lebih stabil karena OS ini menggunakan UNIX dan Mac OS bisa mengenal beberapa file format pada Windows. Sekalipun Anda bekerja menggunakan OS Mac namun Anda tetap bisa membuka dokumen atau file tersebut pada sistem operas lainnya seperti Windows dan OS lain yang populer. Jika Anda ingin memiliki notebook yang aman digunakan tanpa pembajakan data, Anda bisa menggunakan produk Apple.

Baca Juga : Sejarah Komputer Pertama dan Penemu Komputer Pertama di Dunia

Mac OS dilengkapi dengan open source code sehingga data pada Mac OS sangat sulit dibajak. OS ini juga dilengkapi dengan Time Machine dimana komponen ini akan bekerja otomatis tanpa melalui aplikasi. Time Machine berfungsi untuk membackup sistem yang sedang dijalankan dan membackup perubahan data yang dilakukan pengguna.

Mac OS memiliki tingkat keamanan yang sangat baik, hal ini terbukti bahwa sistem operasi ini sangat sulit dimasuki virus, syware dan lainnya. Karena sangat sulit atau bahkan tidak mungkin terserang virus, banyak orang yang memilih produk Apple yang menggunakan Macintosh. Sekalipun kelihatannya OS ini sangat modern dan berteknologi tinggi, tapi jangan salah.

Jenis-jenis sistem operasi Macintosh/OS Mac dan perkembangannya dari masa ke masa :

  • 1984: Macintosh 128K, Macintosh 512K
  • 1986: Macintosh Plus
  • 1987: Macintosh II, Macintosh SE
  • 1988: Macintosh IIx
  • 1989: Macintosh SE/30, Macintosh IIcx, Macintosh IIci, Macintosh Portable
  • 1990: Macintosh IIfx, Macintosh Classic, Macintosh IIsi, seri Macintosh LC
  • 1991: Macintosh Quadra, PowerBook
  • 1992: Macintosh IIvx, PowerBook Duo
  • 1993: Macintosh Centris, Macintosh Color Classic, Macintosh Performa, Macintosh TV
  • 1994: Power Macintosh
  • 1997: Power Macintosh G3, PowerBook G3, Twentieth Anniversary Macintosh
  • 1998: iMac
  • 1999: iBook, Power Macintosh G4
  • 2000: Power Mac G4 Cube
  • 2001: PowerBook G4
  • 2002: eMac
  • 2003: Xserve, Power Mac G5, iMac G4
  • 2004: iMac G5
  • 2005: Mac mini
  • 2006: MacBook, MacBook Pro

Sistem operasi Macintosh sangat mudah dijalankan dan dipelajari, bahkan untuk pemula yang belum pahan soal komputer. Dengan support hardware yang sangat mudah, konsumen Apple dipasaran semakin jatuh hati dengan Macintosh. Sayangnya, untuk mendapatkan produk Apple dengan Mac OS, Anda harus mengeluarkan dana lebih mahal dibandingkan produk lainnya. Tapi, harga mahal tersebut sepadan dengan kualitas produknya, bukan?

Paling Sering Dibaca

About Koneksia

Koneksia.com merupakan situs berita teknologi Terbaru, berita terkini dari komputer, Hardware, tutorial, tips dan trik, gadget, aplikasi game dan internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *