Home > Komputer > Penemu Printer dan Sejarah Perkembangan Mesin Printer
penemu mesin printer sejarah perkembangan mesin printer
Sejarah perkembangan mesin printer

Penemu Printer dan Sejarah Perkembangan Mesin Printer

Koneksia.com Mengenal Penemu Printer Pertama di Dunia dan Sejarah Perkembangan Mesin Printer. Printer, adalah salah satu alat percetakan yang sering kita jumpai di kantor-kantor atau instansi. Dengan adanya printer maka kita bisa mencetak teks ke bentuk dokumen dengan mudah, bahkan saat ini kita juga bisa mencetak foto dan gambar berwarna menggunakan printer. Bagaimana printer yang saat ini kita jumpai bisa dibuat dengan bagus, apakah dulu printer juga seperti sekarang ini?

Tokoh penemu printer pertama kali

sejarah perkembangan mesin printer dimulai sejak tahun 1950 dimana saat itu banyak orang Eropa yang menginginkan produksi dokumen tertulis dengan mudah dan cepat. Dan yang pertama kali menemukan teknologi printer adalah Johannes Gutenberg. Gutenberg adalah seorang pengusaha dari Mainz Jerman yang lahir pada tanggal 3 Februari 1468 silam yang mengembangkan teknologi mesin cetak printer pertama kali di dunia.

penemu mesin printer pertama kali Johannes Gutenberg
Johannes Gutenberg

Penemuan mesin cetak printer tersebut merupakan penemuan yang sangat penting. Printer saat ini telah mengalami banyak perkembangan hingga sekarang Anda bisa membelinya dengan berbagai jenis sesuai kebutuhan. Untuk menghasilkan printer yang sangat bagus, memang banyak proses yang dilalui dengan sejarah perkembangan mesin printer dari waktu ke waktu.

Sejarah perkembangan mesin printer Dot Matrix

Pada tahun 1957, IBM mengeluarkan printer dengan nama Dot Matrix. Printer ini adalah printer yang sangat mudah diketahui dan terkenal dengan suaranya yang cukup keras. Cetakan yang dihasilkan oleh printer ini adalah titik-titik yang berhubungan satu sama lain. Printer Dot Matrix hanya memiliki satu cartridge saja dengan warna hitam dan warna lainnya.

Sejarah perkembangan mesin printer Dot Matrix
Mesin printer Dot Matrix

Printer Dot Matrix yang dibuat pada tahun 1957 bisa digunakan untuk mencetak double kertas menggunakan karbon. Mesin printer ini bisa digunakan untuk mencetak kertas tanpa terputus dan juga tinta yang digunakan adalah waterproof. Setelah beberapa tahun kemudian pada tahun 1976, berkembanglah printer yang dinamakan printer inkjet.

Artikel Terkait :

Printer satu ini baru bisa digunakan masyarakat pada tahun 1988. Pinter inkjet ini bekerja dengan cara meletakkan tetesan tinta yang kecil pada kertas agar menghasilkan tulisan atau gamar. Titik-titik yang dihasilkan oleh printer ini sekitar 50 hingga 60 mikron. Titik-titik ini sangat kecil bahkan lebih kecil dibandingkan dengan ukuran diameter rambut.

Sejarah perkembangan mesin printer inkjet

Printer inkjet adalah printer yang dijual dengan harga cukup terjangkau, warna yang dihasilkan oleh printer ini memiliki resolusi yang sangat tinggi. Dengan menggunakan printer ini maka gambar atau tulisan yang dihasilkan lebih nyata. Inkjet printer pertamakali diperkenalkan pada tahun 1984. Printer ini juga sebagai printer yang menggantikan printer Dot Matrix yang sudah ketinggalan jaman.

Sejarah perkembangan mesin printer inkjet
Mesin printer inkjet

Dan pada tahun 1990 printer mulai diproduksi secara besar-besaran yang dimotori oleh pabrikan elektronik. Jenis printer ink jet ini penempatan dan pengisian tintanya bisa dimodifikasi dengan teknik infus, yaitu dengan menambahkan tabung tinta khusus pada bagian luar printer dan disambung dengan selang kecil untuk dihubungkan pada bagian pencetak di mesin printer.

Sejarah perkembangan mesin printer laserjet

Printer laserjet adalah printer yang menggunakan komponen utama berupa photoreceptor. Komponen berupa photoreceptor ini merupakan drum yang bisa berputar dan terdiri dari photoconductive yag telah dipotong-potong. Saat drum berputar maka printer mengeluarkan sinar laser di semua permukaan agar bisa melepaskan bagian-bagian tertentu. Laser tersebut kemudian menarik huruf maupun gambar yang ingin dicetak menjadi pola yang menggunakan muatan listrik.

Sejarah perkembangan mesin printer laserjet
Mesin printer laserjet

Pinter laserjet sebagai sejarah perkembangan mesin printer yang masih tergolong baru memiliki keunggulan diantaranya memiliki kemampuan cetak yang jauh lebih tinggi dibandingkan printer sebelumnya. Kemampuan cetak printer laserjet minimal bisa mencetak 10 lembar kerta tiap menitnya. Printer ini juga memberikan hasil cetak yang cepat kering dan Anda bisa meminimalkan biaya cetak. Sayangnya harga printer laserjet jauh lebih mahal dibandingkan dengan printer lainnya.

Printer juga menjadi perlatan wajib untuk perkantoran, kantor percetakan, jasa print dokumen, maupun di sekolah dan universitas untuk bisa digunakan mencetak dokumen dokumen penting. Setelah sejarah perkembangan mesin printer berkembang sangat pesat, banyak bermunculan macam macam jenis printer baru selain jenis jenis printer diatas, saat ini ada beberapa macam macam jenis printer yang biasa dan umum digunakan sampai sekarang yakni Printer All In One, Printer ID Card, Printer POS, Printer Photo, Printer Laser Mono, Printer Laser Color dan Printer Label.

Bagi masyarakat, mereka bisa memilih beberapa jenis printer sesuai kebutuhan dan kemampuan budget. Dan dengan adanya printer hingga saat ini, Anda bisa lebih mudah bekerja bukan? Anda bisa mencetak dokumen dengan cepat dan mudah melalu perangjat komputer, bahkan printer juga menyediakan fitur-fitur modern yang canggih untuk memudahkan pekerjaan tugas-tugas anda.

Paling Sering Dibaca

About Koneksia

Koneksia.com merupakan situs berita teknologi Terbaru, berita terkini dari komputer, Hardware, tutorial, tips dan trik, gadget, aplikasi game dan internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *