Pengertian HTTP, HTTPS, WWW, SSL dan TLS dalam Internet

Pengertian, Perbedaan serta fungsi HTTP, HTTPS, WWW, SSL dan TLS dalam dunia internet – Kehadiran teknologi internet memang tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran internet sangatlah penting dalam menunjang segala aktifitas manusia. Dimana Internet banyak menyediakan berbagai macam layanan yang sangat bermanfaat dan berguna dalam kehidupan manusia.

Coba bayangkan jika didunia ini tidak ada internet, tentunya kehidupan manusia tidak akan berkembang. Terutama penggunaan komputer hanya sebagai komputer biasa. Internet menjadi pusat informasi dan perkembangan teknologi yang sangat dibutuhkan masyarakat.

HTTP, HTTPS, WWW, SSL dan TLS merupakan istilah yang biasa terkenal dalam internet. Namun ketiga istilah dalam internet ini yaitu HTTP, HTTPS, WWW, SSL dan TLS memiliki pengertian serta fungsi yang berbeda.

HTTP, HTTPS, WWW, SSL dan TLS merupakan sejenis protokol atau kode yang sering digunakan dalam mengakses internet. Karena pada dasarnya setiap link atau URL untuk merujuk ke situs web tentu menggunakan 3 kode ini. Selain itu untuk menulis URL atau link tentu kita akan diminta untuk mengetikkan kode HTTP, HTTPS, WWW, SSL dan TLS dan diakhiri dengan titik dua dan 2 garis miring, agar web yang dimintanya dapat diakses.

Pengertian serta Fungsi HTTP, HTTPS, WWW, SSL dan TLS dalam Internet

Pengertian dan fungsi HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

HTTP merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol adalah sebuah protokol suatu jaringan lapisan aplikasi yang berguna sebagai sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan hipermedia yang memanfaatkan sumber daya untuk dihubungkan dengan link. Dimana link ini disebut dokumen hypertext hingga membentuk World Wide Web seperti http://www.koneksia.com/

HTTP adalah jenis protokol stateless yang menyediakan komunikasi dengan perintah jaringan, dimana jaringan komunikasi ini menghubungkan antara komputer client dengan server web. Komputer client ini akan melakukan permintaan jika kita mengetikkan alamat atau url website yang Anda ingin akses. Sementara server web nantinya akan memproses permintaan tersebut berdasarkan kode protokol.

Pengertian dan fungsi Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS)

HTTPS merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure yang memiliki arti seperti HTTP. Namun bedanya HTTPS memiliki fungsi keamanan (secure) yang lebih. HTTPS ditemukan NCC (Netscape Communications Corporation). Secara umum yang menggunakan port HTTPS adalah 443. Dalam komunikasi HTTPS ini menggunakan 2 jaringan yaitu SSL kepanjangan dari Secure Socket Layer dan TLS kepanjangan dari Transport Layer Security.

Fungsi HTTPS adalah untuk memberikan perlindungan dan menjamin keamanan pada server Authentication peramban bahkan HTTPS juga dapat menjaga kerahasiaan data dan integritas data.

Pengertian dan fungsi SSL (Secure Socket Layer)

SSL kepanjangan dari Secure Socket Layer adalah protokol keamanan yang mengamankan semua bentuk transaksi yang ada di website Anda. Mulai dari sekedar akses website hingga transaksi yang sensitif seperti pendaftaran, online shopping, email, hingga transaksi kartu kredit.

Pengertian dan fungsi TLS (Transport Layer Security)

TLS adalah kependekan dari Transport Layer Security. TLS dan pendahulunya SSL (Secure Sockets Layer) adalah protocol untuk kriptografi untuk menyediakan komunikasi internet yang aman melalui internet.

Pengertian dan fungsi WWW (World Wide Web)

WWW merupakan singkatan dari World Wide Web yang merupakan sebuah aplikasi dalam internet yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. WWW ini berupa dokumen seperti teks, gambar, animasi, audio, dan video yang disimpan di dalam server yang menyebar di seluruh dunia. Dokumen web tersebut dibuat dengan format hypertext dan hypermedia dengan menggunakan HTML (hypertext markup languange). HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan (link) sebuah dokumen yang lain.

Fasilitas di internet yang relatif paling baru dibandingkan dengan fasilitas layanan internet lainnya. Fasilitas di internet ini menampilkan informasi dalam bentuk teks, gambar dan suara secara multimedia yang sangat interaksi. Untuk menjelajahi www ini diperlukan program web browser seperti internet explorer, mozilla firefox, opera, google chrome dan program browser lainnya.

Internet tidak ubahnya dengan dunia nyata yang kita tempati sekarang ini. Di dunia maya pun orang harus mempunyai alamat, karena dengan alamatlah orang dapat mengetahui keberadaan kita.

Alamat di internet ini dikenal dengan istilah domain name yang merupakan alamat otentik dan hanya ada satu nama domain di dunia yang berarti tidak ada nama kembar. Setiap halaman dari situs dalam web memiliki alamat yang unik dan khas yang disebut URL.

2 thoughts on “Pengertian HTTP, HTTPS, WWW, SSL dan TLS dalam Internet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *