Home > Fotografi > Perbedaan Kamera Mirroless Dengan Kamera DSLR, Mana Yang Lebih Baik?
Pilih Kamera Mirroless atau Kamera DSLR Mana yang lebih baik
Pilih Kamera Mirroless atau Kamera DSLR Mana yang lebih baik

Perbedaan Kamera Mirroless Dengan Kamera DSLR, Mana Yang Lebih Baik?

Koneksia.com – Perbedaan Kamera Mirroless Dengan Kamera DSLR, Mana yang lebih baik? Saat ini banyak sekali jenis kamera yang beredar di pasaran Indonesia. Mulai dari kamera di Smartphone sampai kamera yang bisa diganti lensanya. Nah, untuk kamera yang bisa digonta-ganti lensanya ini ada dua kategori yaitu Kamera DSLR maupun Kamera Mirroless. Tapi pernah gak kalian berfikir, apa sih perbedaan kamera DSLR dengan kamera Mirroless?

Lalu apa keuntungan menggunakan kamera DSLR atau kelemahan menggunakan kamera Mirroless? Semua tipe kamera DSLR maupun Mirroless mempunya kelebihan dan kelemahan masing-masing. Koneksia akan mengulasnya lebih detail tentang Perbedaan Kamera Mirroless Dengan Kamera DSLR.

Sebelum membahas perbedaan kamera DSLR dengan kamera Mirroless serta kelebihan dan kekurangannya. Lebih baik kita cari tahu dulu pengertian kamera DSLR maupun kamera Mirroless. DSLR adalah kependekan dari Digital Single lens Reflex. Dalam bahasa yang gampang, DSLR adalah kamera yang memanfaatkan cermin untuk mengarahkan cahaya dari lensa ke viewfinder.

Viewfinder adalah lobang kecil dibelakang kamera tempat kita mengintip obyek foto. Sedangkan Kamera Mirrorless adalah kamera yang pada dasarnya sama seperti kamera DSLR tapi tidak memakai cermin/pentaprisma. Mirrorless mempunyai banyak nama lain seperti Mirrorless Interchangeable-Lens Camera (MILC), Compact System Camera (CSC), Mirrorless System Camera (MSC), Digital Single Lens Mirrorless (DSLM).

Berikut Perbedaan Kamera Mirroless Dengan Kamera DSLR:

Perbedaan Kamera Mirroless Dengan Kamera DSLR
Perbedaan Kamera Mirroless Dengan Kamera DSLR

1. Ukuran dan Berat
Badan kamera DSLR secara umum relatif lebih besar, karena mereka harus memiliki ruang untuk cermin dan mekanisme shutter. Sementara kamera mirrorless tidak memiliki cermin dan mekanik shutter, sehingga bodi kamera mirrorless bisa lebih kecil dari DSLR, dan memiliki konstruksi yang sederhana.

2. Kualitas Viewfinder
Sisi positif dari viewfinder DSLR adalah bahwa Anda dapat melihat gambar secara optikal langsung, biasanya lebih jernih, responsif dan lebih cerah dibandingkan elektronik. Sementara kamera mirrorless harus menangkap preview gambar pada layar LCD dan atau elektronik viewfinder (EVF).

3. Image Stabilization
Semua kamera modern memasukkan fitur stabilisasi gambar, di mana akan mengurangi blur pada foto (umumnya pada kecepatan rana lambat) yang disebabkan tangan yang bergoyang saat memegang kamera. Baik kamera DSLR maupun mirrorless, melakukan ini dengan teknik menggeser sebagian kecil bagian dari optik lensa, teknik lainnya adalah menggeser sensor gambar utama. Beberapa kamera mirrorless dapat menggeser kedua elemen lensa dan sensor gambar – kombinasi yang dapat lebih efektif daripada salah satu dari metode ini saja

4. Kualitas Gambar
DSLR high-end menggunakan sensor yang sangat besar yang disebut “full frame” sensor yang telah memberikan mereka keunggulan high end. Untuk kualitas gambar Kamera Mirroless sudah tidak ada kesenjangan kualitas. Hal ini dikarenakan Kamera Mirroless sudah menggunakan teknologi Prosessor yang lebih baik dari tahun ke tahun. Sehingga noise yang dihasilkan dari kamera Mirroless bisa diminimalisir.

5. Lensa dan Aksesoris
Memilih DSLR memberi akses ke sejumlah besar jenis lensa – dari sejumlah produsen – mulai dari yang murah hingga untuk profesional dan mahal. Sebaliknya, kebanyakan model mirrorless hanya memiliki sedikit pilihan lensa dari produsen kamera.

Dari Perbedaan Kamera Mirroless Dengan Kamera DSLR, Mana yang lebih baik? Jawabannya adalah Tidak Ada yang lebih baik. Semua tergantung kepada yang menggunakan dan sesuai dengan kebutuhan Photografer. Jika kualitas gambar dan kecepatan yang paling penting, misalnya untuk sport, terlepas dari berat body, memilih DSLR untuk dapat meningkatkan kinerja yang unggul serta dukungan banyak jenis lensa.

Tapi secara umum kamera mirrorless memiliki pilihan lensa yang lebih dari cukup untuk kebanyakan situasi pemotretan, dan kecepatan fokus yang sudah sangat baik. Oleh karena itu, kamera mirrorless adalah pilihan terbaik jika Anda ingin membawa kamera kemana-mana dan tidak ingin terbebani sepanjang jalan.

Itulah ulasan mengenai Kamera Mirroless Dengan Kamera DSLR, semoga bisa bermanfaat untuk kalian.

Referensi sumber: rumorkamera.com

Paling Sering Dibaca

About Koneksia.com

Koneksia.com merupakan situs berita teknologi Terbaru, berita terkini dari komputer, Hardware, tutorial, tips dan trik, gadget, aplikasi game dan internet.

One comment

  1. Kamera mirroless bisa untuk merekam video juga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *