Review Kelebihan dan Kelemahan Spesifikasi Oppo Neo 7

Posted on

Review Kelebihan dan Kelemahan Spesifikasi Oppo Neo 7 – Oppo Neo 7 merupakan varian smartphone Low-end dari Oppo. Smartphone Oppo ini siap bersaing dengan kompetitor lainnya. Spesifikasi Oppo Neo 7 sudah mendukung jaringan 4G LTE. Akan tetapi smartphone Oppo ini nampaknya banyak meminimalisir spesifikasinya dari berbagai sektor. Walaupun demikian smartphone ini masih bisa diandalkan untuk kebutuhan gaming maupun multimedia. Banyak kelebihan dan keunggulan dari Smartphone Oppo Neo 7 ini. Meski memiliki banyak kelebihan Oppo Neo 7 mempunyai beberapa kelemahan. Untuk menemukan kelebihan dan kekurangan Oppo Neo 7, simak ulasan review Spesifikasi harga Oppo Neo 7 berikut ini:

1. Layar

Pada bagian depan Oppo Neo 7 terdapat layar seluas 5 inci yang didukung dengan resolusi 540 x 960 piksel. Dengan resolusi layar sebesar itu layar Oppo Ne0 7 adalah bagian yang paling lemah dalam review Spesifikasi Oppo Neo 7 ini. Pasalnya, resolusi yang ditawarkan smartphone ini terlalu rendah mengingat banyak kompetitor lain yang sudah menggunakan resolusi layar yang lebih tinggi. Meskipun demikian, warna dan kontras pada layar smartphone ini relatif baik, pun begitu dengan kecerahan layarnya. Layar smartphone ini bisa dilihat walaupun berada di bawah sinar matahari. Di bahwa layar Neo 7 terdapat 3 buah tombol kapasitif yang tidak disertai dengan backlit.

2. Desain

Dari segi desain, Oppo Neo 7 nampak mirip dengan Oppo Mirror 5. Ada kemiripan di body belakang smartphone ini dengan Mirror 5, tapi tidak ada efek cermin seperti yang ada di Mirror 5. Neo 7 hadir dengan mengusung dimensi 142.7 x 71.7 x 7.5 mm. Smartphone ini sedikit lebih tebal dibanding Mirror 5, tetapi lebih ringan sekitar 20 gram. Oppo Neo 7 hanya memiliki bobot sekitar 141 gram saja. Smartphone ini hadir dalam dua pilihan warna, yaitu hitam-silver dan putih-gold. Seperti smartphone besutan Oppo lainnya, Neo 7 hadir dengan desain yang cukup cantik walaupun tidak terlalu spesial. Selain itu, smartphone ini juga nyaman dalam genggaman karena tidak terlalu lebar.

3. Prosesor

Ada yang kurang jika kita tidak membahas prosesor dan hardware lain yang terdapat di dalam Oppo Neo 7. Smartphone ini membawa prosesor yang terbilang biasa, yaitu Qualcomm MSM8916 Snapdragon 610 64-bit yang juga diperkaya dengan keberadaan CPU Quad Core 1.2 GHz. Dengan prosesor seperti ini, Neo 7 hanya kompatibel untuk menjalankan aktivitas multitasking ringan, seperti membuka media sosial, browsing, dan aktivitas ringan lainnya. Grafis yang ditawarkan oleh Neo 7 juga tidak bisa dibilang spesial. Karena smartphone ini hanya mengandalkan GPU Adreno 306. Jadi, ada beberapa kekurangan atau kelemahan di dalam sektor hardware Oppo Neo 7.

4. Memori

Seperti beberapa smartphone low-end lain yang menjadi kompetitor dari Oppo Neo 7, smartphone ini juga dibekali dengan ROM 16 GB. Setelah dipakai untuk aplikasi bawaan dari Oppo, Anda akan memperoleh kapasitas penyimpanan internal sebesar 10.57 GB. Bila Anda ingin menambah kapasitas penyimpanan pada ponsel cerdas ini, maka Anda bisa menggunakan memori eksternal hingga 128 GB. Namun, perlu Anda ketahui bahwa slot microSD sama dengan slot SIM 2, sehingga Anda harus memilih salah satu. Koneksia sangat menyayangkan RAM yang dimiliki oleh Oppo Neo 7. Di saat smartphone lain yang dibandrol dengan harga yang sama dengan Neo 7 sudah mengusung RAM 2 GB, Neo 7 hanya menawarkan RAM 1 GB. Hal tersebut tentu akan menjadi sedikit masalah jika Anda gemar menjalankan banyak aplikasi secara sekaligus. Selain itu, Anda juga pastinya akan sering mengalami lag jika membuka aplikasi yang memerlukan daya yang besar.

5. Konektivitas

Kami sempat menyinggung pada awal tulisan bahwa Neo 7 sudah kompatibel pada jaringan 4G LTE. Namun, jika Anda tidak tertarik untuk menggunakan 4G LTE, Anda bisa membeli Neo 7 yang hanya menyediakan jaringan 3G saja. Tentu saja harga handset Neo 7 yang hanya dibekali dengan jaringan 3G lebih murah dibanding varian yang menawarkan 4G. Konektivitas lain yang dimiliki oleh ponsel dual-SIM ini antara lain adalah Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, dan GPS. Bahkan, smartphone ini juga sudah didukung dengan konektivitas USB On-The-Go yang saat ini sedang sangat populer.

6. Baterai

Oppo membekali baterai Neo 7 dengan baterai yang sama seperti yang ada pada Mirror 5, yakni baterai Li-Polimer non-removable berkapasitas 2.420 mAh. Kapasitas tersebut harus benar-benar Anda pertimbangkan, mengingat baterai merupakan elemen penting yang ada di dalam review Oppo Neo 7 ini. Dengan penggunaan aktif pada jaringan 4G, ponsel ini mampu bertahan selama 11 jam 16 menit. Seharusnya, Oppo bisa memberikan baterai dengan kapasitas yang lebih besar, mengingat resolusi yang ada pada layar berkontribusi untuk menghabiskan daya tahan baterai. Kami mengharapkan Oppo bisa membekali Neo 7 dengan baterai yang memiliki daya tahan lebih lama.

7. Kamera

Kamera belakang Oppo Neo 7 berukuran 8 MP dengan LED Flash. Kualitas gambar cukup baik dan tidak terlalu memberikan surprise mengesankan kepada penggunanya. Warna dari hasil foto dari kamera Oppo Neo 7 cukup cerah dengan rentang dinamis yang baik dan cukup terperinci. Modus HDR pada kamera smartphone ini bekerja dengan lebih baik, sehingga dapat menghasilkan gambar yang tidak buruk. Lantas, bagaimana dengan kamera depan yang dibawa oleh Neo 7? Kamera depan smartphone ini berukuran 2 MP dengan aperture F/2.4. Oppo turut melengkapi smartphone ini dengan fitur screen flash, di mana layar smartphone ini akan menjadi pengganti LED Flash saat Anda mengambil gambar dengan kamera depan dalam kondisi gelap atau minim pencahayaan.

8. Fitur

Music Player yang dimiliki oleh smartphone ini cukup baik, karena sudah dibekali timer. Di mana fitur ini memungkinkan Anda untuk mendengarkan musik hingga tertidur. Jika timer selesai maka pemutar musik akan mati secara otomatis. Fitur Smart Call Motions juga memungkinkan Anda menjawab panggilan telepon hanya dengan menempelkan ponsel ini ke telinga tanpa menekan layar smartphone. Neo 7 masih menggunakan sistem operasi Android Lollipop v5.1. Belum ada kejelasan apakah smartphone ini akan memperoleh upgrade Android Marshmallow v6.0 atau tidak. Namun, nampaknya Oppo tidak menyediakan upgrade Android M untuk smartphone ini.

9. Harga Oppo Neo 7

Baik di dalam review Spesifikasi Oppo Neo 7 atau ponsel lainnya, pembahasan soal harga adalah hal yang paling ditunggu-tunggu. Oppo Neo 7 masih dijual dengan harga 1,9 juta. Harga ini cukup terjangkau, mengingat Oppo juga memiliki banyak penggemar di Indonesia.

Kesimpulan yang Koneksia peroleh dari review Oppo Neo 7 adalah harga kurang sebanding dengan spesifikasi yang ditawarkan. Dengan spesifikasi seperti ini, seharusnya Oppo Neo 7 dijual dengan harga 1,5 juta rupiah. Namun, meskipun harganya kurang worth, Neo 7 tetap menjadi smartphone murah yang laris di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *