Tips Membuat Password Yang Aman dan Menguji Keamanannya

Tips Membuat Password Yang Aman dan Menguji Keamanannya – Memiki banyak akun media social sudah tak terbantahkan lagi di jaman sekarang ini. Akan tetapi banyak dari pengguna internet masih menggunakan Password asal-asalan. Hal ini tentunya membuat orang yang tidak bertanggung jawab(Hacker) bisa dengan mudah menebak password dan bebas menggunakan Akun MedSos kalian.

IT Securty untuk Keamanan Password
IT Securty untuk Membuat Password

Keamanan Password sendiri merupakan sesuatu yang harus dijaga kerahasiaannya. Ibarat MedSos adalah rumah, kalian harus melengkapi setiap pintu dengan kunci yang tak mudah dibobol. Begitu juga dengan keamanan Password yang dibuat. Akan tetapi banyak yang masih menganggap remeh password dengan membuatnya sesimpel mungkin dengan tujuan agar mudah diingat.

Sudah banyak contoh kasus dimana pengguna kehilangan hak akses ke akunnya karena passwordnya telah di crack oleh para hacker profesional. Contoh kasus seperti hacking akun facebook, twitter, bahkan sampai akun messenger seperti BBM mungkin sudah tidak asing ditelinga pembaca, hal ini disebabkan oleh kelalaian pemilik akun sendiri.

Dilansir dari techinsider, password yang paling buruk dan sering digunakan adalah angka 123456 dan kata “password”. Lebih jauh disana dijelaskan bahwa password semacam itu hanya membutuhkan waktu 0.26 milisecond untuk diretas, jadi sudah dapat dipastikan jika pembaca menggunakan password semacam itu akan lebih cepak kehilangan akunnya. Lebih baik ganti password pembaca sekarang.
Berikut ini tips untuk membuat password yang sangat rumit untuk dihack, namun masih cukup mudah untuk diingat. Menurutnya, password yang paling rumit untuk diretas adalah kombinasi huruf dan angka yang dibuat dari kalimat utuh yang sering kita ucapkan. Sebagai contoh sebuah kalimat “I bought my house for $1” yang disusun menjadi Ibmhf$1. Password semacam itu akan memberikan kita kombinasi Uppercase, lowercase, symbol dan angka secara otomatis, dan akan sangat sulit untuk diretas.

Jika pembaca masih ragu apakah password yang sudah dibuat selama ini aman atau tidak, Anda bisa masuk ke website betterbuys. Website ini akan mengestimasikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk meretas sebuah password. Estimasi ini didasarkan pada alat dan metode yang digunakan oleh para hacker ditambahkan dengan tren kecepatan hacking pada setiap tahunnya, meskipun waktu yang diberikan adalah estimasi, namun angka tersebut sudah dapat mewakili tingkat kerumitan dari password yang sudah dibuat. Alat untuk mengamankan password tersebut dapat digunakan secara gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *