Tips Membuat Smartphone Android Support USB OTG Tanpa Root

Koneksia.com – Tips Membuat Smartphone Android Support USB OTG Tanpa Root. Apa itu OTG? OTG merupakan singkatan dari On The Go. Fitur ini memungkinkan perangkat USB seperti pemutar audio digital atau ponsel untuk bertindak sebagai host, dan memungkinkan perangkat USB lain seperti USB flash drive, kamera digital, mouse, atau keyboard bisa terpasang pada smartphone Android tersebut.

Atau Logika sederhananya adalah Smartphone Android kita dapat membaca penyimpanan eksternal seperti flashdisk bahkan harddisk. Akan tetapi tidak semua Smartphone Android yang ada telah disematkan Fitur USB OTG, mungkin hanya perangkat Android high class yang telah memiliki fitur USB OTG ini.

Tips Membuat Smartphone Android Support USB OTG Tanpa Root
Tips Membuat Smartphone Android Support USB OTG Tanpa Root

 

Oleh karena itu Koneksia ingin memberikan tips agar Smartphone Android Support USB OTG. Dengan adanya fitur OTG akan memudahkan perangkat usb lainya seperti flashdisk, mouse, atau keyboard terkoneksi secara langsung dengan hp android kalian. Atau Fungsi OTG yang paling penting adalah kalian bisa dengan cepat mentransfer data dari ponsel Android ke flashdisk secara langsung.

Bagi kalian yang HP Androidnya belum mendukung system OTG, perlu untuk diketahui ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar perangkat Android kalian support OTG. Cara tersebut diantaranya adalah mengganti stock ROM, menggunakan aplikasi pendukung, dan memakai kabel OTG yang bercabang dua.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah HP Android sudah dalam keadaan root. Untuk melakukan root kalian bisa mencari referensi di forum-forum sesuai dengan jenis HP yang dimiliki. Jadi berikut ini langkah-langkah selanjutnya untuk membuat Smartphone Android Support USB OTG :

  • Langkah awal anda harus install terlebih dahulu sebuah aplikasi yang bernama USB OTG Helper, agar hp android yang digunakan suport.
  • Jika sudah di install, selanjutnya anda pasangUsb Otg yang sudah tersambung di flashdisk, kemudian anda buka Root explorer. Carilah file yang bernama usbid_init.sh untuk dapat mengaktifkan (OTG mode), dan lokasinya di (root/system/bin/disini).
  • Setelah itu, klik file usbid_init.sh –>> pilih “Execute”. maka muncul pemberitahuan Usb Otg Helper —>> klik OK –>> masuk ke aplikasi –>> “Mount” untuk dapat memulai koneksi dan “Unmount” untuk memutuskan.
  • Yang terakhir anda pilih “Mount” pada status bar, maka Android sudah tersambung ke flasdisk –>> buka file manager maka muncul folder yang baru bernama “UsbOtgDrives”.

Catatan : Jika sudah berhasil dengan menyambungkan / menggunakan Usb OTG, maka hp android kalian tidak bisa di charge. Untuk membuat HP Android normal kembali maka restart terlebih dahulu smartphone sebelum digunakan.

Selamat! Kini Smartphone Android sudah Support USB OTG tanpa root. Jika Smartphone Android Support USB OTG kamu bisa lebih mudah dan cepat melakukan transfer data, file, gambar, dan video ke media penyimpanan lainnya.

Sangat mudah bukan Tips Membuat Smartphone Android Support USB OTG Tanpa Root. Semoga bermanfaat.

One thought on “Tips Membuat Smartphone Android Support USB OTG Tanpa Root

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *