Home > Fotografi > Tips Memotret Dengan Kamera Android, Kualitas DSLR
Tips Memotret Dengan Kamera Android
Tips Memotret Dengan Kamera Android

Tips Memotret Dengan Kamera Android, Kualitas DSLR

Koneksia.com – Tips Memotret Dengan Kamera Android, Kualitas DSLR. Saat ini sudah banyak Smartphone yang dilengkapi kamera dengan resolusi yang begitu tinggi. Tapi apakah dengan kamera smartphone tersebut bisa mendapatkan hasil bidikan yang menyerupai kamera digital maupun kamera DSLR? Kalian jangan khawatir karena Koneksia akan membagikan tips memotret menggunakan kamera smartphone Android untuk hasil yang sempurna menyerupai hasil kamer DSLR.

Di dalam pengambilan sebuah foto menggunakan Smartphone, banyak sekali batasan-batasan yang kita temui. Sehingga kualitas foto yang dihasilkan kurang begitu maksimal. Tetapi hal ini bukan hanya disebabkan oleh kualitas kamera HP, mungkin saja cara kita masih salah dalam penggunaannya.

Tips Memotret Dengan Kamera Android Sony
Tips Memotret Dengan Kamera Android Sony

Berikut ini tips memotret dengan kamera Android agar lebih maksimal.

1. Membersihkan Lensa Kamera
Tips memotret dengan kamera Android yang pertama adalah membersihkan lensa kamera ponsel terlebih dahulu sebelum digunakan. Membersihkan lensa kamera smartphone bisa menggunakan tisu atau pakaian yang lembut. Jika lensa kamera tidak dibersihkan maka hasil foto akan tampak kabur karena tertutup minyak atau debu. Membersihkan lensa merupakan salah satu bagian dari merawat kamera HP.

2. Jangan Menggunakan Zoom
Kamera handphone cenderung memperkecil obyek foto, jadi selalu usahakan agar anda memotret dari jarak yang cukup sehingga keseluruhan obyek bisa memenuhi frame tanpa harus menggunakan zoom. Zoom akan menurunkan resolusi foto anda secara keseluruhan dan membuat foto tidak tajam

3. Atur Pencahayaan
Usahakan selalu agar cahaya yang menerangi obyek foto mencukupi, hasil foto outdoor cenderung lebih bagus dibanding indoor. Jika tersedia, gunakan flash saat memotret indoor. Namun harus diingat bahwa jarak efektif flash adalah sekitar 2-3 meter, jadi jangan berharap kita bisa menerangi seisi ruangan dengan flash. Mengambil foto pada kondisi cahaya yang bagus seperti pagi hari atau menjelang senja memiliki kemungkinan untuk mengubah foto yang biasa jadi luar biasa.

4. Gunakan Landscape
Format 16:9 saat pengambilan gambar menggunakan kamera Ponsel hanya akan mendapatkan hasil foto yang nampak biasa saja. Coba sesekali kalian memotret dengan cara landscape jarak jauh, bandingkan dengan kalian mengambil foto secara potret. Membidik dengan landscape bisa menghasilkan gambar yang lebih bagus dibandingkan dengan format potret.

5. Jangan gunakan Lampu Flash
Di hampir sebagian besar ponsel pintar memang terdapat lampu kilat (flash). Namun, cobalah untuk tidak terlalu sering memanfaatkan lampu flash tersebut. Bahkan, di kamera sekaliber DSLR saja lampu kilat hanya digunakan dalam keadaan terdesak saja. Pasalnya, setiap foto pasti akan nampak lebih baik dengan cahaya yang lebih alami. Mungkin keberadaan flash bisa menjadi penolong ketika kita hendak memotret objek dalam kondisi gelap. Jika cahaya alami tidak cukup mencerahkan hasil foto Anda, tingkatkan nilai eksposur (EV) dan ISO pada kamera ponsel. Namun, ingatlah bahwa peningkatan ISO dapat menimbulkan banyak noise pada hasil foto.

6. Gunakan Mode HDR
HDR adalah mode yang terdapat di sebagian besar kamera ponsel Android dan fungsinya adalah untuk mengambil foto objek stasioner. Mode High Dynamic Range (HDR) memastikan bahwa pencahayaan dan bayangan dalam foto diekspos secara merata. Mode HDR ini sangat bermanfaat untuk foto dengan kontras tinggi. Di dalam tips memotret dengan kamera Android ini, mode HDR membutuhkan dua atau lebih gambar dari berbagai eksposur secara bersamaan. Anda bisa menggabungkan dua foto terbaik dalam satu foto.

7. Pilih Resolusi Tertinggi
Resolusi tertinggi berarti foto yang dihasilkan memiliki detail lebih banyak dan bisa dicetak lebih besar. Jika kamera memberi pilihan resolusi, pilihlah resolusi tertinggi. Juga resolusi tinggi juga berarti ukuran file yang lebih besar, ini menjadi pertimbangan bagi pemilik handphone dengan kapasitas memory terbatas atau misalnya foto akan dikirim maka akan membutuhkan waktu transfer lebih lama.

8. Foto Sesering mungkin
Kita harus bersyukur hidup di jaman digital sehingga berapapun kita memotret, kita tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra. Bayangkan saja jika kita harus memotret menggunakan film, berapa roll yang harus dibeli? Karena itu, jangan sungkan dan ragu, potretlah sebanyak dan sesering mungkin sampai memory di handphone penuh, semakin banyak kita memotret semakin banyak pula hasil yang bagus.

Itulah beberapa tips memotret dengan kamera Android untuk menghasilkan gambar yang bagus

Paling Sering Dibaca

About Koneksia.com

Koneksia.com merupakan situs berita teknologi Terbaru, berita terkini dari komputer, Hardware, tutorial, tips dan trik, gadget, aplikasi game dan internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *