Home > Gadget > Tips Sebelum Beli HP Bekas Secara Online atau di Konter HP
Tips beli hp bekas di konter
Tips beli hp bekas di konter

Tips Sebelum Beli HP Bekas Secara Online atau di Konter HP

Tips Sebelum Beli HP Bekas Secara Online atau di Konter HP. Saat membeli HP, tentu kita akan merasa bingung. Apakah akan membeli hp baru atau hp bekas? Sebenarnya saat membeli hp hal yang paling diutamakan adalah dana yang kita miliki dan spesifikasi hp yang akan dibeli. Apabila kita ingin memiliki hp dengan spesifikasi gahar tetapi dengan harga miring? Jika iya, pilihan membeli hp bekas adalah solusinya.

Tips beli hp bekas
Tips membeli smartphone bekas

Untuk hp seken atau hp bekas ada beberapa tips sebelum membeli hp bekas online maupun di konter hp.

Tips Beli HP Bekas Online atau di Konter HP

Carilah model HP Terbaru

Mencari model hp terbaru maksudnya adalah hp bekas tersebut memiliki spesifikasi minimum sesuai kebutuhan sekarang. Misalnya smartphone android dengan RAM 2GB atau 3GB serta memiliki storage internal minimum 16 GB. Hp bekas tersebut juga harus memiliki slot microSD untuk penyimpanan data foto atau file lainnya.
Jika anda ingin membeli hp bekas atau hp seken android pastikan hp tersebut menggunakan versi berapa ?Apakah Jellybean? Kitkat? Lollipop? Marsmellow? atau yang paling baru Oreo?

Jadi sebelum membeli hp second , lihat baik-baik spesifikasi hp tersebut. Pastikan hp tersebut mampu menjalankan segala jenis aplikasi dengan lancar tanpa lemot. Jangan menyesal ketika membeli hp bekas karena masalah hp sering lemot bahkan tak bisa mengupdate OS yang terbaru.

Pahami BNOB, Old Stock, dan Docomo

Tips beli hp bekas online atau di konter hp selanjutnya adalah pahami hp tersebut dalam keadaan BNOB atau Old Stock.

BNOB adalah Brand New Open Box alias barang baru yang sudah dibuka kardusnya. Jadi barangnya masih mulus tanpa lecet. Biasanya barang BNOB adalah barang hasil review atau hasil ketidakpuasan produk dari para buyernya (terkadang salah beli). Barang BNOB memang lebih murah dari barang baru, namun lebih mahal (sedikit) jika dibandingkan barang bekas.

Barang Old Stock adalah barang yang sudah tak bergaransi, terkadang dulunya adalah flagship yang mahal, namun sekarang menjadi murah, malah sama dengan harga secondnya. Karena Old Stock tidak bergaransi, maka gunakan pembelian sistem COD agar kamu paham betul kondisi barangnya.

Baca Juga  Harga Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge Spesifikasi Lengkap 2016

Docomo adalah ponsel yang diperuntukkan bagi Jepang. Namun HP Docomo yang sudah diunlock SIM Card juga bisa digunakan di mana saja.

Ponsel Docomo adalah barang 100% original, semua mesinnya ASLI dari pabrik resmi vendor HPnya. Hanya saja ponsel barlabel ini sudah dibundling dengan operator Docomo di Jepang.

Mengapa Docomo kami masukkan dalam tips kali ini? Karena ponsel Docomo itu lebih murah dari harga produk global dan bisa menjadi solusi jika kamu tak ingin HP BNOB yang agak mahal atau HP Old Stock yang terlalu lawas.

HP Docomo murah karena pada dasarnya SIM Card HP Docomo itu Locked dan kamu hanya bisa menggunakan operator seluler Docomo saja.

Selain itu, Embel-embel nama Docomo menempel secara permanen pada HP tersebut mulai dari body dan layar HP . Hal inilah yang dianggap kurang keren dan berbeda dengan produk aslinya dan membuat menurunkan harganya.

Cari Barang yang Bergaransi

Mencari hp bekas perlu ditanyakan masa penggunaannya dan juga garansinya. Apakah hp bekas tersebut masih memiliki garansi atau tidak. Jika barang tersebut masih bergaransi menandakan barang tersebut penggunaannya belum lama.

Semakin lama penggunaan smartphone, semakin berkurangnya juga kemampuan komponen smartphone untuk menunjang kegiatan multitasking.

Jadi mencari hp bekas bergaransi merupakan suatu pilihan yang harus dipikirkan. Hp bekas yang masih bergaransi sangat menguntungkan apabila dikemudian hari terjadi masalah dengan hp tersebut. Dan pastikan jangan membeli hp bekas yang sudah berumur lebih dari 2 tahun karena kemampuan komponennya sudah mulai berkurang untuk menjalankan sistemnya.

Jangan Lupa Pertimbangkan Harga

Biasanya hp bekas memiliki harga patokan atau kisaran harga. Jadi ketika kamu mendapatkan smartphone bekas dengan harga yang jauh dibawah kisaran harga hp bekas tersebut, jangan langsung dibeli.

Karena smartphone bekas tersebut bisa saja adalah Hp HDC yang jelas bukan produksi pabrikan resmi pemilik vendor tersebut.

Waspada Penipuan!

Jika anda membeli hp bekas secara online waspadalah terhadap penipuan. Pastikan website tersebut terbukti terpercaya dan mengirimkan barangnya. Jika merasa ragu kamu bisa memilih opsi COD(Cash On Delivery)

Cek Orisinalitas HP Bekas

Yang akan kamu beli adalah hp bekas yang ori, bukan HDC. Cara mengecek hp asli atau palsu adalah dengan cek IMEI (masuk ke dial *#06#) > Lalu cek di situs ini > ketikkan IMEI > klik CHECK

Jika data yang muncul berbeda dengan HP kamu, maka bisa dipastikan hp kamu bukan barang ORI. Namun, jika data yang muncul bukan sesuai tipe hp yang kamu beli atau tidak tersedia, maka bisa disimpulkan nomor IMEI yang tertera pada HP kamu bukan milikmu alias kamu mendapatkan hp palsu.

Baca Juga  Daftar HP Android 4G LTE Terbaik Harga Dibawah 1 Juta Terbaru 2017

Cek Kelengkapan Aksesoris

Jika ada Aksesoris ketika kamu membeli hp bekas, maka pastikan dahulu aksesoris tersebut berfungsi dengan baik atau tidak.pastikan earphone masih dapat mengeluarkan audio dan charger masih bisa menghantarkan daya.

Memang tidak semua hp bekas dilengkapi dengan aksesoris. Namun, terkadang banyak juga hp bekas yang diberikan aksesoris, meskipun tak selalu original dan masih berfungsi dengan baik.

Perhatikan Bagian Fisik Luar HP

Fisik hp juga perlu diperhatikan saat membeli hp bekas, apakah memliki banyak goresan atau tidak. pastikan bahwa bila ada goresan, maka yang tergores itu adalah bagian kaca pelindung anti gores saja. Bila ternyata yang tergores adalah bagian layar itu sendiri, maka kamu harus berpikir ulang untuk membeli handphone tersebut.

Perhatikan juga bagian belakang handphone, ada beberapa casing handphone yang tidak bisa diganti-ganti begitu saja. Untuk melepasnya saja sudah sulit dan kadangkala memiliki harga yang sangat mahal.

Cek Bagian Dalam HP

Tips beli hp di konter selanjutnya adalah mengecek bagian dalam HP seperti versi OS. Salah satu indikator yang dapat kamu perhatikan baik-baik adalah, apabila ternyata OS tidak bisa diupdate maka kemungkinan besar hp tersebut bukan versi resmi dari OS yang bersangkutan. Bisa jadi handphone tersebut adalah versi black market atau bahkan replika dari hape yang sesungguhnya.

Perhatikan semua komponen di dalam hape, mulai dari softwarenya, RAM-nya, memorinya dan lain sebagainya.

Cek Baterai, Kamera, Speaker, Sensor, Sinyal HP dan Lain-lain

Tips membeli hp second di konter adalah selalu mengecek Baterai, kamera, speaker, sinyal dan lain-lain yang ada di dalam hp. Apakah baterai memiliki performa yang masih baik atau tidak. Cara mengecek baterai hp yang masih bagus adalah bisa dengan cara memegang handphone dan mencoba untuk mengoperasikannya. Apabila terasa panas dengan cepat, maka dapat dipastikan hape tersebut memiliki masalah dengan baterai.

Baca Juga  Spesifikasi Phablet Terbaru Samsung Galaxy Note 7

Selanjutnya cek Bluetooth, Apakah bluetoothnya bisa menyala, sambungan hotspotnya bisa menyala dengan wajar atau tidak. Speaker apakah juga bisa berbunyi dengan wajar atau tidak. Kamera apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Apakah masih bening pada bagian kaca atau tidak.

Sensor didalam hp perlu dicek juga, seperti sensor rotasi hape, sensor G-shock dan lain-lain. Sebab hal tersebut dianggap sepele dan tidak terlalu penting untuk dicek, namun ketika dibutuhkan, ternyata sensor tersebut sudah rusak dan tidak dapat difungsikan lagi. Untuk itu selalu perhatikan terlebih dahulu semua komponen di hp berfungsi dengan baik karena jika tidak kamu hanya bisa kecewa di belakang.

Lakukanlah Factory Reset Saat Awal Mendapatkan HP Bekas

Ketika membeli smartphone bekas baru, maka lakukanlah factory reset agar semua data yang sebelumnya ada di dalam hp tersebut dapat terhapus dan smartphone terasa baru karena storage kini lebih lega.

Cara factory reset hp adalah dengan masuk ke Settings > Setelah tambahan > Cadangkan dan Setel Ulang > Kembalikan ke setelan pabrik

Mengapa banyak orang yang takut membeli hp bekas? Sebab banyak ketidak jelasan mengenai performa hp itu sendiri dan banyak komponen yang kadang sudah diganti.

Kemudian ketika handphone itu sudah diganti komponennya, harga dilambungkan tinggi namun ketika dibawa pulang ternyata performa menurun drastis dan tidak sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan.

Oleh karena itu membeli dan memilih hp bekas ini sangat penting adanya. Salah satu tips bila kamu adalah orang awam dalam mengecek hp, kamu bisa mengajak temanmu untuk menemani kamu membeli hp bekas .

Incoming search : tips membeli hp bekas online tips beli handphone bekas tips beli hp bekas xiaomi tips membeli hp second di konter tips membeli hp bekas oppo tips membeli hp second samsung galaxy tips beli hp apple bekas tips membeli hp bekas asus

Paling Sering Dibaca

About Koneksia.com

Koneksia.com merupakan situs berita teknologi Terbaru, berita terkini dari komputer, Hardware, tutorial, tips dan trik, gadget, aplikasi game dan internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.